Imam Kurniawan, . (2025) ANALISIS PENGARUH COMPRESSOR WASH TERHADAP INTERSTAGE TURBINE TEMPERATURE (ITT) MARGIN PADA ENGINE PT6A-52 PESAWAT KING AIR B200GT. Sarjana thesis, Institut Sains dan Teknologi Nasional.
![[thumbnail of 1. Cover Skripsi.pdf]](https://repo.istn.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. Cover Skripsi.pdf
Download (434kB)
![[thumbnail of Orisinalitas 1.pdf]](https://repo.istn.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Orisinalitas 1.pdf
Download (95kB)
![[thumbnail of 5. Abstrak.pdf]](https://repo.istn.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. Abstrak.pdf
Download (4MB)
![[thumbnail of bab 1]](https://repo.istn.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only
Download (7MB)
![[thumbnail of bab 5]](https://repo.istn.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only
Download (680kB)
![[thumbnail of Full File Skripsi]](https://repo.istn.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. Full Naskah Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (100MB)
Abstract
Engine PT6A-52 adalah jenis turbin gas dengan konfigurasi turboprop yang berfungsi untuk menghasilkan thrust power, electrical power, dan pneumatic power pada pesawat terbang King Air B200GT. Saat operasional, engine bekerja dalam temperatur dan tekanan yang tinggi sehingga dalam waktu tertentu harus dilaksanakan preventive maintenance untuk menjaga kondisi engine agar selalu dalam performa terbaiknya. Salah satu bentuk preventive maintenance pada engine PT6A-52 adalah dengan melaksanakan compressor wash setiap 200 jam terbang. Compressor wash adalah prosedur pembersihan untuk menghilangkan kotoran, karbon, dan deposit lain yang dapat menghambat aliran udara dalam kompresor, yang pada gilirannya dapat mempengaruhi performa termal mesin, termasuk ITT (Interstage Turbine Temperature). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh compressor wash terhadap margin ITT engine. Untuk melakukan penelitian tersebut maka dilakukan pengamatan terhadap 6 engine PT6A-52 yang terpasang pada pesawat King Air B200GT PK-CAN, PK-CAO, dan PK-CAC. Metode yang digunakan adalah dengan menganalisis data operasional pesawat yang tercatat pada form ground run yang mencatat kondisi pesawat sebelum dan sesudah dilaksanakannya compressor wash. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan lebih dalam mengenai efektivitas compressor wash dalam mempertahankan atau meningkatkan margin ITT, serta memberikan rekomendasi praktis dalam rangka optimasi pemeliharaan engine PT6A-52.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1.Ade Reza Ismawan, ST, MT |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Teknik Mesin S1 |
Depositing User: | perpusistn |
Date Deposited: | 11 Sep 2025 03:21 |
Last Modified: | 11 Sep 2025 03:21 |
URI: | https://repo.istn.ac.id/id/eprint/1102 |