ANALISIS MESIN SEPEDA MOTOR 4 LANGKAH ELECTRONIC FUEL INJECTION DENGAN MENGGUNAKAN PIGGYBACK

Muhammad Reza Habibi, . (2019) ANALISIS MESIN SEPEDA MOTOR 4 LANGKAH ELECTRONIC FUEL INJECTION DENGAN MENGGUNAKAN PIGGYBACK. Sarjana thesis, Institut Sains dan Teknologi Nasional (ISTN).

[thumbnail of cover.pdf] Text
cover.pdf

Download (628kB)
[thumbnail of orisinalitas.pdf] Text
orisinalitas.pdf

Download (408kB)
[thumbnail of abstrak.pdf] Text
abstrak.pdf

Download (399kB)
[thumbnail of bab 1.pdf] Text
bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (903kB)
[thumbnail of bab 5.pdf] Text
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of full file skripsi_muhammad Reza habibi.pdf] Text
full file skripsi_muhammad Reza habibi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23MB)

Abstract

Salah satu cara untuk mengembalikan bahkan meningkatkan performa motor yaitu dengan memberikan suatu alat terhadap System Control Unit berupa Piggyback, sehingga performa motor akan kembali seperti dari baru bahkan meningkat. Hasil pengujian Dynotest pada Dynamometer performa motor membuktikan bahwa performa sepeda motor mengalami peningkatan setelah menggunakan Piggyback dengan variasi 5%, 10% dan 15% mulai dari momen putar maksimum yang terjadi sebesar 10,4 N-m yang sebelumnya 9,4 N-m pada Piggyback variasi 5%, momen putar maksimum sebesar 10,7 N-m yang sebelumnya 9,4 N-m pada variasi Piggyback 10% dan momen putar maksimum sebesar 10,8 N-m yang sebelumnya 9,4 N-m pada variasi 15%. Berikutnya daya poros maksimum sebesar 14,11 kW pada variasi Piggyback 5%, 14,22 kW pada variasi Piggyback 10%, dan 14,35 pada variasi Piggyback 15% yang sebelumnya hanya sebesar 12,99 kW. Dan perbandingan bahan bakar dengan udara sebelumnya mencapai 9,031: 1 setelah menggunakan Piggyback 5% sebesar 13,03:1, Piggyback 10% sebesar 13,15:1 dan variasi Piggyback 15% sebesar 13,31: 1. Dari hasil pengujian dan analisis dari berbagai parameter, dapat disimpulkan bahwa motor merk "H" tipe K15 DOHC berkapasitas 150 cc mengalami kenaikan performa setelah menggunakan Piggyback dengan variasi 5%, 10% dan 15%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1.Ir. Margono Sugeng, MSc
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Teknik Mesin S1
Depositing User: Perpusistn perpusistn4
Date Deposited: 24 Sep 2025 02:39
Last Modified: 24 Sep 2025 02:42
URI: https://repo.istn.ac.id/id/eprint/1188

Actions (login required)

View Item
View Item