Hubungan Pelayanan Kefarmasian Terhadap Kepuasan Konsumen di Apotek Hijau Kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor Periode November – Desember 2022

Putri Andriani, . (2023) Hubungan Pelayanan Kefarmasian Terhadap Kepuasan Konsumen di Apotek Hijau Kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor Periode November – Desember 2022. Sarjana thesis, Institut Sains dan Teknologi Nasional (ISTN).

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
Cover.pdf

Download (98kB)
[thumbnail of Pernyataan Orisinalitas, Pernyataan Non Plagiat, dan Halaman Pengesahan] Text (Pernyataan Orisinalitas, Pernyataan Non Plagiat, dan Halaman Pengesahan)
Pengesahan_merged.pdf

Download (693kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (76kB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB)
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB)
[thumbnail of Skripsi Full File] Text (Skripsi Full File)
07_Skripsi_Putri Andriani_18330079.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pelayanan kefarmasian adalah suatu Pelayanan langsung dan bertanggung jawab kepada pasien yang berkaitan dengan sediaan farmasi dengan maksud mencapai hasil yang pasti untuk meningkatkan mutu kehidupan pasien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan pelayanan kefarmasian terhadap Kepuasan konsumen diapotek. Penelitian ini menggunakan rancangan cross sectional. Hasil Karakteristik responden berdasarkan usia yang paling dominan terdapatpada usia 17 – 25 tahun, berdasarkan jenis kelamin yang paling dominan adalah perempuan, berdasarkan pendidikan paling dominan adalah SMA, berdasarkan pekerjaan yang paling dominan yaitu wirausaha. Pelayanan kefarmasian setelah diberikan pelayanan informasi obat untuk kelompok responden yang membeli obat dengan resep adalah 39% dan kelompok yang membeli obat non resep adalah 61%. Tingkat kepuasan konsumen pada dimensi kehandalan adalah 66%, dimensi daya tanggap adalah 90%, dimensi jaminan adalah 73%, dimensi perhatian adalah 74%, dimensi penampilan adalah 94%, dan dapat disimpulkan tingkat kepuasan terhadap pelayanan informasi obat yang diberikan adalah puas dengan 64%. Berdasarkan uji Pearsone maka didapatkan nilai signifikan sebesar 0,111 (p-value >0,05). hal ini menunjukan bahwa tidak terdapat hubungan antara pelayanan kefarmasian dengan kepuasan konsumen. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan Pelayanan kefarmasian dan kepuasan konsumen di Apotek Hijau Kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. apt. Refdanita, M.Si. 2). apt. Amelia Febriani, S.Farm., M.Si.
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Perpusistn 2
Date Deposited: 02 Oct 2025 07:23
Last Modified: 02 Oct 2025 07:23
URI: https://repo.istn.ac.id/id/eprint/1368

Actions (login required)

View Item
View Item