Imam Kurniawan, . (2025) Analisis Pengaruh Compressor Wash Terhadap Interstage Turbine Temperature (ITT) Pada Engine PT6A-52 Pesawat King Air B200GT. Sarjana thesis, Institut Sains dan Teknologi Nasional (ISTN).
1. Cover Skripsi.pdf
Download (434kB)
Pengesahan.pdf
Download (95kB)
5. Abstrak.pdf
Download (4MB)
6. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only
Download (7MB)
7. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (44MB)
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
9. Full Naskah Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (100MB)
Abstract
Engine PT6A-52 adalah jenis mesin turbin gas dengan konfigurasi turboprop yang berfungsi untuk menghasilkan thrust power, electrical power, dan pneumatic power pada pesawat terbang King Air B200GT. Saat operasional, Engine bekerja dalam temperatur dan tekanan yang tinggi sehingga dalam waktu tertentu harus dilaksanakan preventive maintenance untuk menjaga kondisi Engine agar selalu dalam performa terbaiknya. Salah satu bentuk preventive maintenance pada Engine PT6A-52 adalah dengan melaksanakan Compressor Wash setiap 200 jam terbang atau setelah terbang di atas permukaan laut dengan ketinggian yang rendah. Compressor Wash adalah prosedur pembersihan untuk menghilangkan kadar garam, kotoran, karbon, dan deposit lain yang menempel dan dapat menghambat aliran udara dalam compressor, yang pada gilirannya dapat mempengaruhi performa termal mesin, termasuk ITT (Interstage Turbine Temperature). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Compressor Wash terhadap margin ITT Engine PT6A-52. Untuk melakukan penelitian tersebut maka dilakukan pengamatan terhadap 6 Engine PT6A-52 yang terpasang pada pesawat King Air B200GT dengan registrasi PK-CAC (BY-080), PK-CAN (BY-112), PK-CAO (BY-113). Data diperoleh dari catatan ground run form sebelum dan sesudah pelaksanaan Compressor Wash, kemudian dianalisis menggunakan Paired T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah dilakukan Compressor Wash, nilai ITT mengalami penurunan sebesar 2°C hingga 26°C. Uji statistik memberikan hasil t hitung = 4,194>t tabel = 2,201 dengan p-value = 0,001 a=0,05, sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan signifikan ITT margin sebelum dan sesudah perlakuan. Dengan demikian, Compressor Wash terbukti efektif menurunkan ITT margin, meningkatkan efisiensi mesin, serta berpotensi memperpanjang umur komponen hot section.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Additional Information: | 1). Ade Reza Ismawan, S.T., M.T. |
| Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
| Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Teknik Mesin S1 |
| Depositing User: | Perpusistn 2 |
| Date Deposited: | 13 Oct 2025 08:23 |
| Last Modified: | 13 Oct 2025 08:23 |
| URI: | https://repo.istn.ac.id/id/eprint/1557 |
