Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Intalasi Farmasi RS Sentosa Bogor

Rikson Lawasa, . (2022) Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Intalasi Farmasi RS Sentosa Bogor. Sarjana thesis, Institut Sains dan Teknologi Nasional (ISTN).

[thumbnail of Cover, Pernyataan Orisinalitas, Pernyataan Non Plagiat, dan Halaman Pengesahan] Text (Cover, Pernyataan Orisinalitas, Pernyataan Non Plagiat, dan Halaman Pengesahan)
Awal.pdf

Download (679kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstract.pdf

Download (125kB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
Chapter 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Chapter 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Conclusion.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB)
[thumbnail of Skripsi Full File] Text (Skripsi Full File)
SKRIKPSI_Rikson Lawasa_20334710 FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kepuasan pasien merupakan salah satu unsur penting yang harus diperhatikan dalam pelayanan kesehatan. Kepuasan pasien merupakan gambaran perbedaan antara harapan dan kinerja (yang nyata diterima). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingakat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian berdasarkan lima dimensi kualitas layanan, yakni keandalan, jaminan, empati, bukti langsung, dan ketanggapan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif yang menggambarkan tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di instalasi farmasi RS Sentosa Bogor, dengan desain penelitian Cross Sectional.Teknik pengambilan sampel menggunakan kuesioner terhadap pasien atau keluarga pasien sebanyak 112 sampel yang termasuk dalam kriteria inklusi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah tingkat kepuasan pasien pada dimensi keandalan 79,11 %, pada dimensi daya tanggap 78,75 %, pada dimensi jaminan 79,36 %, pada dimensi empati 81,57 % pada dimensi bukti langsung 78,39 %. Hasil rata-rata tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanan kefarmasian di instalasi farmasi rumah sakit sentosa bogor adalah 79,44 %.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). apt. Tahoma Siregar, M.Si 2). apt. Ainun Wulandari, M.Sc.
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Perpusistn 2
Date Deposited: 20 Oct 2025 09:16
Last Modified: 20 Oct 2025 09:16
URI: https://repo.istn.ac.id/id/eprint/1770

Actions (login required)

View Item
View Item