TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI INSTALASI FARMASI RSUD JAMPANG KULON

Rikmal Maulana, . (2022) TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI INSTALASI FARMASI RSUD JAMPANG KULON. Sarjana thesis, Institut Sains Dan Teknologi Nasional (ISTN).

[thumbnail of cover.pdf] Text
cover.pdf

Download (581kB)
[thumbnail of orisinalitas.pdf] Text
orisinalitas.pdf

Download (590kB)
[thumbnail of abstrak.pdf] Text
abstrak.pdf

Download (319kB)
[thumbnail of bab 1.pdf] Text
bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[thumbnail of bab 5.pdf] Text
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[thumbnail of No. 3_Rikmal Maulana_18330038_SKRIPSI kirim fix.pdf] Text
No. 3_Rikmal Maulana_18330038_SKRIPSI kirim fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Rumah sakit merupakan institusi pelayanan kesehatan perorangan yang lengkap dan mengintegrasikan pelayanan rawat inap, rawat jalan, dan gawat darurat. Tidak dapat dipungkiri bahwa rumah sakit berperan penting dalam meningkatkan kondisi kesehatan masyarakat, dan terjadi persaingan antara rumah sakit pemerintah dan rumah sakit swasta untuk merebut pangsa pasar. Kepuasan konsumen maupun kepuasan pasien menjadi salah satu tolak ukur untuk mengetahui suatu mutu jasa yang diserahkan oleh instalasi farmasi rumah sakit. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui demografi dan tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian diukur menggunakan metode analisis SERVQUAL. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian non-eksperimental dengan metode desain deskriptif observasional. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kepuasan pasien masih dibawah harapannya, hal ini terlihat hasil analisis SERVQUAL berdasarkan Gap (kesenjangan) yang didapatkan. Dengan hasil gap terbesar negatif pada dimensi kepedulian (empathy) -0,38, lalu wujud nyata (tangible) -0,21, dan nilai gap positif kehandalan (reliability) 0,11, jaminan (assurance) 0,25, lalu nilai positif yang terakhir pada dimensi ketanggapan (responsiveness) 0,77.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1.apt. Ritha Widya Pratiwi, S.Si., MARS 2.apt. Putu Rika Veryanti, M. Farm-Klin
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Perpusistn perpusistn4
Date Deposited: 21 Oct 2025 02:19
Last Modified: 21 Oct 2025 02:19
URI: https://repo.istn.ac.id/id/eprint/1771

Actions (login required)

View Item
View Item