Linda Stephanie Boi, . (2019) Rancangan Bangun Lampu Belajar Oromatis Dengan Sensor Gerak Menggunakan Passive Infrarel Receiber Sensor Berbasis Mikrokontroler Atmega 328p-pu. Sarjana thesis, Institut Sains dan Teknologi Nasional (ISTN).
![[thumbnail of Cover]](https://repo.istn.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Cover.pdf
Download (32kB)
![[thumbnail of Halaman Pengesahan]](https://repo.istn.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Halaman Pengesahan.pdf
Download (49kB)
![[thumbnail of Abstrak]](https://repo.istn.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Abstrak.pdf
Download (81kB)
Abstract
Telah dilaksanakan perancangan lampu belajar otomatis dengan sensor gerak menggunakan Passive Infrared Receiver Sensor yang berbasis mikrokontroler ATMega 328P-PU. Perancangan ini dilakukan di laboratorium instrumentasi, Institut Sains Dan Teknologi Nasional. Berdasarkan pengukuran yang diperoleh sensor PIR ini merupakan salah satu sensor yang mampu untuk mendeteksi pergerakkan dari tubuh manusia hingga jangkauan 6 meter. Pengukuran ini tidak beda jauh dengan pengukuran jarak jangkauan sensor pada umumnya. Hasil pengukuran sensitivifitas dari sensor PIR (Passive Infrared Receiver) mampu menyalakan lampu belajar kurang dari 1 detik, sehingga sensor PIR (Passive Infrared Receiver) dapat berproses sangat cepat. Sudut yang dapat terdeteksi oleh sensor PIR (Passive Infrared Receiver) mampu mendeteksi objek hanya dalam rentang sudut 90°, yaitu 45° ke kanan dan -45° ke kiri sensor pada arah horizontal.Pembuatan lampu belajar otomatis ini tentunya di dukung dengan berbagai alat-alat elektronik seperti relay, Arduino Uno 328P-PU, Lampu LED, dan sensor PIR (Passive Infrared Recseiver).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. B.E.F Da Silva, MSc, DEA 2). Drs. Endang Iriawan, M.Si |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi Informasi (FSTI) > Fisika |
Depositing User: | Perpusistn 2 |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 10:58 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 10:58 |
URI: | https://repo.istn.ac.id/id/eprint/399 |