Evaluasi Tingkat Kepuasan Pasien BPJS Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di 8 Puskesmas Wilayah Jakarta Pusat

Egi Putro Prabowo, . (2019) Evaluasi Tingkat Kepuasan Pasien BPJS Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di 8 Puskesmas Wilayah Jakarta Pusat. Sarjana thesis, Institut Sains dan Teknologi Nasional.

[thumbnail of Full File Skripsi] Text (Full File Skripsi)
Full File Skripsi - Egi Putra.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Kepuasan atau ketidak puasan merupakan respon pelanggan sebagai hasil dan evaluasi ketidaksesuaian kinerja atau tindakan yang dirasakan sebagai akibat dari tidak terpenuhinya harapan. Salah satu kunci untuk meningkatkan kepuasan pasien adalah kualitas pelayanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien BPJS terhadap pelayanan kefarmasian yang diukur dari nilai gap antara kinerja yang didapat dengan harapan pasien. Jenis penelitian dengan rancangan deskriptif dengan pengolahan data dengan bantuan software komputer SPSS versi 24. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masih terdapat nilai gap (-) dari setiap dimensi yaitu dimensi (Reliabillity) sebesar (-0,11), dimensi (Responsiveness) sebesar (-0,09), dimensi (Emphaty) sebesar (-0,12), dimensi (Assurance) sebesar (-0,03), dimensi (Tangible) sebesar (-0,11) sehingga dapat dikatakan pasien masih belum merasa puas dengan pelayanan kefarmasian di 8 Puskesmas wilayah Jakarta Pusat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1.Jenny Pontoan, M.Farm.,Apt
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: perpusistn
Date Deposited: 24 Jul 2025 08:15
Last Modified: 24 Jul 2025 08:15
URI: https://repo.istn.ac.id/id/eprint/449

Actions (login required)

View Item
View Item