Rancang Bangun Game Run Before Explode In The Maze Menggunakan Unity 3D

Giorgio Immanuel Octavianus Sumual, . (2023) Rancang Bangun Game Run Before Explode In The Maze Menggunakan Unity 3D. Sarjana thesis, Institut Sains dan Teknologi Nasional (ISTN).

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
Cover.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (207kB)
[thumbnail of Halaman Pengesahan] Text (Halaman Pengesahan)
Halaman Pengesahan.pdf

Download (122kB)

Abstract

Game merupakan kegiatan yang sulit dipisahkan dari kehidupan seseorang, terutama anak-anak hingga orang dewasa yang gemar bermain game. Namun, banyak orang yang tidak menyadari bahwa game memiliki dampak baik dan buruk bagi diri mereka sendiri. Jika dilihat dari sisi positifnya, game dapat membuat kita berpikir kritis tentang bagaimana menyelesaikan suatu masalah. Maka dengan itu sebuah game harus dibuat dengan penuh rintangan agar pemain dapat berfikir lebih kritis untuk menyelesaikan game tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang sebuah game strategi yang memiliki beberapa kendala yang harus diselesaikan. Dalam perancangan game pada penelitian ini menggunakan Unity 3D dan Blender sedangkan bahasa pemrograman yang akan digunakan adalah C#. Jenis model yang digunakan dalam penelitian ini adalah Waterfall System. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah SDLC (Systems Development Life Cycle) yang terdiri dari tahapan Requirement, Design, Implementation, Verification dan Maintenance tetapi dalam hal ini tahapan yang dipakai dalam penelitian ini hanya 4 tahapan yaitu: Requirement, Design, Implementation, dan Verification serta menggunakan tahapan Testing. Dalam penelitian ini untuk merancang storyboard menggunakan Canva.com. Untuk merancang kerangka game menggunakan website online Draw.io Penelitian ini menghasilkan sebuah game dengan tipe strategi yang hanya hanya dapat dimainkan di laptop / komputer berbasis offline yang terdiri dari 2 Level. Di dalam penelitian ini pemain memiliki berbagai rintangan yang harus dilewati dan harus melarikan diri dari abirin dalam waktu yang ditentukan. Pemain harus mengambil kunci dan kemudian melarikan diri dan menyelesaikan 2 level untuk mendapatkan keju.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Siti Nurmiati, S.Kom., M.Kom.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi Informasi (FSTI) > Teknik Informatika
Depositing User: Perpusistn 2
Date Deposited: 01 Aug 2025 03:08
Last Modified: 01 Aug 2025 03:08
URI: https://repo.istn.ac.id/id/eprint/541

Actions (login required)

View Item
View Item