PENGEMBANGAN MESIN GERGAJI KAYU DENGAN METODE VDI 2221

Binky Reza Oktandy, . (2019) PENGEMBANGAN MESIN GERGAJI KAYU DENGAN METODE VDI 2221. Diploma thesis, Institut Sains Nasional (ISTN).

[thumbnail of cover.pdf] Text
cover.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of orisinalitas.pdf] Text
orisinalitas.pdf

Download (795kB)
[thumbnail of abstark.pdf] Text
abstark.pdf

Download (856kB)
[thumbnail of bab 1.pdf] Text
bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of bab 5.pdf] Text
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (814kB)
[thumbnail of fileskripsi_binky reza omtandy.pdf] Text
fileskripsi_binky reza omtandy.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32MB)

Abstract

Perawatan Sistem Pengereman Pada Lokomotif tipe CC 203 Analisa Sistem Pengereman Pada Lokomotif Tipe CC 203, Laporan Tugas Akhir, Program Studi Teknik Mesin D3, Jurusan Teknik Mesin, Lokomotif adalah bagian dari rangkaian kereta api di mana terdapat mesin untuk menggerakkan kereta api. Biasanya lokomotif terletak paling depan dari rangkaian kereta api. Operator dari lokomotif disebut masinis. Masinis menjalankan kereta api herdasarkan perintah dari pusat pengendali perjalanan kereta api melalui sinyal yang terletak di pinggir jalur rel. lokomotif di Indonesia terbagi menjadi 4. Yaitu lokomotif uap, lokomotif diesel hidrolik, lokomotif diesel elektrik dan lokomotif listrik. Lokomotif diesel pertama di Indonesia adalah lokomotif diesel elektrik bertipe CC 200. Lokomotif CC200 dengan nomor model Alco-GE UM 106T adalah lokomotif diesel elektrik berkabin ganda pertama di Indonesia, buatan pabrik General Electric tahun 1953. Seiring waktu berjalan, lokomotif diesel semakin banyak dan bervariasi. Pada tahun 1977, lokomotif diesel elektrik terbaharukan didatangkan dari pabrik General Electric amerika ke Indonesia dengan tipe CC 201 hingga tahun 1992. Disusul oleh lokomotif CC 203 pada tahun 1995 hingga tahun 2002, dan pada tahun 2003 Indonesia berhasil membuat Lokomotif diesel elektrik terbaharukan pertama yang bekerjasama dengan General Electric Transportation bertipe CC 204 yang terbagi 2 batch, hingga pada tahun 2013, lokomotif terbaru dengan memiliki 2 cabin dan dengan mesin yang lebih canggih telah hadir dihadir di Indonesia dengan tipe CC 206 sebanyak 150 unit. Dan dikirim dalam 2 batch. Dengan ini, Indonesia telah memiliki 139 unit untuk CC 201, 41 unit untuk CC 203, CC 204 sebanyak 37 unit dan lokomotif terbaru bertipe CC 206 sebanyak 150 unit di Indonesia. Dan hingga saat ini, semua lokomotif masih sanggup berjalan tanpa ada kerusakan yang berarti, karena setiap bulan lokomotif selalu menjalani setiap perawatan berkala setiap 1 bulan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1.Ir. Rifki Dermawan
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Library of Congress Subject Areas > Sekolah Vokasi > Teknik Mesin D3
Sekolah Vokasi > Teknik Mesin D3
Depositing User: Perpusistn perpusistn4
Date Deposited: 27 Aug 2025 08:07
Last Modified: 16 Sep 2025 06:34
URI: https://repo.istn.ac.id/id/eprint/943

Actions (login required)

View Item
View Item