Ibnu Hajar, . (2010) OPTIMALISASI DAYA MOTOR INDUKSI FASA-3 PADA SISTEM TENAGA FASA-1 MENGGUNAKAN VARIASI KAPASITOR. Masters thesis, Institut Sains dan Teknologi Nasional (ISTN).
cover.pdf
Download (1MB)
orisinalitas.pdf
Download (1MB)
abstrak.pdf
Download (1MB)
bab1.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
bab5.pdf
Restricted to Registered users only
Download (975kB)
Full file skripsi_Ibnu Hajar.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (42MB)
Abstract
Metode pengoperasian motor induksi fana-3 pada sistem tenaga listrik fasa-1 dengan menggunakan kapasitor telah berkembang dengan baik. Metode ini digunakan karena peralatan yang memerlukan tenaga besar kebanyakan menggunakan penggeraknya motor listrik fasa-3. Cara ini memberikan respon yang cepat pada motor, arus start yang kecil dan faktor daya diperbaiki hingga mendekati satu. Karakteristik motor saat beroperasi tergantung dari letak dan nilai kapasitor yang digunakan pada motor. Penelitian ini dimaksudkan untuk memberikan salah satu solusi dalam meletakkan dan memilih kapasitor untuk mengoperasikan motor induksi fasa-3 pada sistem tenaga listrik fasa-1. Penelitian ini menggunakan motor induksi fasa-3; 1,5 kW; 220/380V; Δ/Υ; 50 Hz; 6,2/3,6A; 1.410 rpm; kelas B; faktor daya 0,79 tertinggal. Sedangkan kapasitor yang akan digunakan adalah bervariasi nilainya yaitu 17 µF sampai 52 µF kemudian motor induksi tersebut akan digunakan untuk menggerakkan beban. Hasil yang dicapai lebih baik dan lebih efisien jika kapasitornya dipasang pada sisi 2 buah belitan fasa-3 yang diserikan (impedansi tinggi). Data kuantitatif yang diperoleh dari pengukuran dianalisa dengan metode statistik, yaitu metode kuadrat terkecil dari regresi linier: a+bX -204,636+251,1933 X Harga b diperoleh positif, ini menyatakan bahwa untuk memperoleh daya output motor optimal maka faktor daya motornya diatur mendekati 1 (satu). Kenaikan ini diikuti dengan kenaikan nilai kapasitornya. Uji hipotesis dilakukan dengan uji linieritas regresi, hasilnya: Fhitung 0,0879 Frabel 19,33. Dengan hasil tersebut bahwa Kondisi Daya Optimal diperoleh pada saat motor bekerja pada nilai kapasitor 38 µF dengan pembebanan sebesar 850 Watt, Faktor daya 0,99 terdahulu, dengan putaran 1.400 rpm.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information: | 1.Dr. Ir. Agus Sofwan, M.Sc. |
| Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
| Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Teknik Elektro S2 |
| Depositing User: | Perpusistn perpusistn4 |
| Date Deposited: | 29 Sep 2025 07:47 |
| Last Modified: | 29 Sep 2025 07:47 |
| URI: | https://repo.istn.ac.id/id/eprint/1287 |
