Analisis Waktu Tunggu Pelayanan Resep Pasien Rawat Jalan di Instalasi Farmasi Rumah Sakit X Pada Periode Februari–April 2023

Natasya Melinda Hallatu, . (2024) Analisis Waktu Tunggu Pelayanan Resep Pasien Rawat Jalan di Instalasi Farmasi Rumah Sakit X Pada Periode Februari–April 2023. Sarjana thesis, Institut Sains dan Teknologi Nasional.

[thumbnail of SKRIPSI 040624.pdf] Text
SKRIPSI 040624.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Waktu tunggu adalah salah satu standar minimal pelayanan farmasi dirumah sakit yang harus dilakukan evaluasi guna untuk meningkatkan kualitas pelayanan kefarmasian di rumah sakit. Waktu tunggu pelayanan obat non racikan dan obat racikan untuk pasien tunai adalah tenggang waktu mulai dari pasien selesai melakukan pembayaran sampai obat selesai di siapkan. Sedangkan untuk waktu tunggu pelayanan obat non racikan dan racikan untuk pasien jaminan atau asuransi adalah tenggang waktu mulai Ketika resep diterima sampai dengan obat selesai disiapkan. Waktu tunggu untuk obat non racikan 30 menit dan untuk obat racikan 60 menit. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui berapa rata – rata waktu tunggu pelayanan resep pasien Instalasi Farmasi Rumah Sakit X. Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit X. Jenis penelitian yang dilakukan secara deskriptif dengan pengumpulan data secara retrospektif. Data yang diambil adalah seluruh pasien rawat jalan pada Rumah Sakit X sebanyak 26.546 resep yang terdiri dari 21.866 non racikan dan 4660 resep racikan. Berdasarkan hasil pengolahan data didapatkan hasil rata – rata waktu tunggu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan obat racikan pada bulan februari 47,12 menit sedangkan obat non racikan pada bulan februari 27.59 menit. Waktu tunggu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan obat racikan bulan maret 44.45 menit dan obat non racikan maret 22.50 menit. Waktu tunggu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan obat racikan bulan April 47.44 menit dan obat non racikan 29.39 menit. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan didapatkan rata – rata waktu tunggu pelayanan resep pasien rawat jalan di Rumah Sakit X telah memenuhi persyaratan sesusai dengan standar pelayanan minimal di rumah sakit.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1.Yayah Siti Djuhariah S.Si., M.Farm
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Natasya Melinda Hallatu
Date Deposited: 22 May 2025 08:29
Last Modified: 22 May 2025 08:29
URI: https://repo.istn.ac.id/id/eprint/148

Actions (login required)

View Item
View Item