Hubungan Mutu Pelayanan Instalasi Farmasi terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di RSIA Asyifa Depok

Mita Arisafitri, . (2025) Hubungan Mutu Pelayanan Instalasi Farmasi terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di RSIA Asyifa Depok. Sarjana thesis, Institut Sains dan Teknologi Nasional (ISTN).

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
Cover.pdf

Download (68kB)
[thumbnail of Pernyataan Orisinalitas, Pernyataan Non Plagiat, dan Halaman Pengesahan] Text (Pernyataan Orisinalitas, Pernyataan Non Plagiat, dan Halaman Pengesahan)
Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (168kB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[thumbnail of Skripsi Full File] Text (Skripsi Full File)
Skripsi Full Mita.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Mutu pelayanan farmasi merupakan faktor penting dalam menentukan kepuasan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara mutu pelayanan farmasi dengan kepuasan pasien rawat jalan di RSIA Asyifa Depok. Penelitian menggunakan desain deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Sebanyak 394 responden dipilih melalui teknik purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner berdasarkan lima dimensi SERVQUAL: Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Empathy. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar pasien merasa puas (50,1%) dan sangat puas (33,3%) terhadap pelayanan farmasi. Skor tertinggi mutu pelayanan terdapat pada dimensi Responsiveness (4,13) dan Assurance (4,10). Analisis korelasi memperlihatkan hubungan positif yang signifikan antara seluruh dimensi mutu pelayanan dengan kepuasan pasien, khususnya pada Responsiveness (r = 0,601) dan Assurance (r = 0,587). Disimpulkan bahwa semakin tinggi mutu pelayanan farmasi maka semakin tinggi pula kepuasan pasien. RSIA Asyifa direkomendasikan untuk terus meningkatkan mutu pelayanan, terutama dalam aspek ketanggapan dan kejelasan komunikasi petugas farmasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). apt. Siswati, M.Farm. 2). apt. Jenny Pontoan, M.Farm.
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Perpusistn 2
Date Deposited: 09 Oct 2025 05:56
Last Modified: 09 Oct 2025 05:56
URI: https://repo.istn.ac.id/id/eprint/1504

Actions (login required)

View Item
View Item