ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAPPELAYANAN KEFARMASIAN DI INSTALASI FARMASI PUSKESMAS KECAMATAN SETIABUDI JAKARTA SELATAN 2022

Astri Rahmadela, . (2022) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAPPELAYANAN KEFARMASIAN DI INSTALASI FARMASI PUSKESMAS KECAMATAN SETIABUDI JAKARTA SELATAN 2022. Sarjana thesis, Institut Sains Dan Teknologi Nasional (ISTN).

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (124kB)
[thumbnail of ORISINALITAS.pdf] Text
ORISINALITAS.pdf

Download (166kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of BAB1.pdf] Text
BAB1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)
[thumbnail of BAB5.pdf] Text
BAB5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37kB)
[thumbnail of FULL FILE] Text (FULL FILE)
Astri Rahmadela_18334736_Skripsi fix (Autosaved).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pelayanan kesehatan merupakan salah satu sub-sistem dari pelayanan kesehatan nasional. Berdasarkan permenkes no 75 tahun 2014 yang wajib dilakukan puskesmas merupakan pelayanan yang berdasarkan komitmen nasional untuk peningkatan derajat kesehatan masyarakat yang terpadu. Adapun kepuasan pasien merupakan salah satu indicator penting dalam meningkatkan pelayanan kesehatan. Puskesmas merupakan fasilitas kesehatan yang paling banyak digunakan dan beberapa pasien merasakan ketidakpuasan untuk pelayanan yang diberikan sehingga dapat mempengaruhi minat untuk menggunakan fasilitas kesehatan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Kecamatan Setiabudi Jakarta Selatan berdasarkan dimensi Servqual. mengetahui perbedaan tingkat kepuasan pasien serta mengetahui hubungan sosiodemografi terhadap tingkat kepuasan pasien di Puskesmas Kecamatan Setiabudi Jakarta Selatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian observasional analitik dengan rancangan Crosssectional. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode sistematik random sampling dengan jumlah sampel 100 responden tiap puskesmas. Pengumpulan data berupa data kuantiatif dari kuisioner Servqual. Analisis data menggunakan uji Chi Square. Dimensi Responsiveness memiliki tingkat kepuasan tertinggi, yaitu 90.10% Dimensi tangible di Kecamatan Setiabudi memiliki tingkat kepuasan terendah, yaitu 86,08%. Kata kunci : Puskesmas, K

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1.apt. Putu Rika Veryanti, M.Farm-Klin
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: perpusistn perpusistn3
Date Deposited: 15 Oct 2025 08:00
Last Modified: 15 Oct 2025 08:00
URI: https://repo.istn.ac.id/id/eprint/1635

Actions (login required)

View Item
View Item