SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW : PELAYANAN TELEPHARMACY DALAM HEALTHCARE QUALITY DAN PATIENT SAFETY DI APOTEK TAHUN 2017-2022

Haryadhi, . (2022) SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW : PELAYANAN TELEPHARMACY DALAM HEALTHCARE QUALITY DAN PATIENT SAFETY DI APOTEK TAHUN 2017-2022. Sarjana thesis, Institut Sains dan Teknologi Nasional (ISTN).

[thumbnail of cover.pdf] Text
cover.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of orisinalitas.pdf] Text
orisinalitas.pdf

Download (371kB)
[thumbnail of abstrak.pdf] Text
abstrak.pdf

Download (73kB)
[thumbnail of bab 1.pdf] Text
bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)
[thumbnail of bab 5.pdf] Text
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9kB)
[thumbnail of Haryadhi 20334742 Skripsi.pdf] Text
Haryadhi 20334742 Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Krisis pandemi COVID-19 saat ini telah menghadirkan banyak tantangan apoteker serta peluang untuk meningkatkan dan memperluas praktik pelayanan farmasi. Salah satunya adalah telepharmacy atau penyediaan pelayanan kefarmasian dengan menggunakan telepon atau teknologi konferensi video. Selain itu selama abad ke20, penggunaan informasi dan teknologi telekomunikasi telah diperluas dengan kecepatan tinggi. Ekspansi ini sangat mempengaruhi healthcare delivery di banyak negara. Ketersediaan internet telah menciptakan lebih banyak informasi yang menuntut lebih banyak profesional healthcare. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelayanan telepharmacy dalam healthcare quality dan patient safety. Metode penelitian ini menggunakan systematic literature review. Berdasarkan studi literatur yang telah dilakukan diketahui bahwa telepharmacy dapat berdampak positif pada pemberian layanan kefarmasian dengan membatasi penularan penyakit. Pemberlakuan telepharmacy dapat membantu meningkatkan peran apoteker dalam tanggap darurat termasuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan mengarahkan mereka ke fasilitas perawatan kesehatan yang sesuai dan memberikan informasi penting. Penerapan telepharmacy dapat memainkan peran penting dalam memberikan perawatan pasien yang berkualitas tinggi dengan keuntungan tambahan berupa hemat biaya. Telepharmacy memberikan solusi yang sesuai untuk memperluas akses pengobatan dan penggunaan telepharmacy tidak akan berdampak negatif terhadap kualitas penggunaan obat. Mengadopsi layanan telepharmacy dapat meningkatkan akses pasien ke layanan farmasi dan juga dapat mengurangi medication error baik peresepan atau kesalahan pharmacist counseling.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1.apt. Jenny Pontoan, M.Farm 2.apt. Putu Nilasari, M.Farm
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Perpusistn perpusistn4
Date Deposited: 17 Oct 2025 07:17
Last Modified: 17 Oct 2025 07:17
URI: https://repo.istn.ac.id/id/eprint/1683

Actions (login required)

View Item
View Item