Amelia Alma Kholisah, . (2021) Hubungan Tingkat Pengetahuan Tentang Nyeri Haid (Dismenorea) Terhadap Aktivitas Belajar Siswi SMK Negeri 1 Patokbeusi Subang Jawa Barat. Sarjana thesis, Institut Sains dan Teknologi Nasional (ISTN).
![[thumbnail of Skripsi Full File]](https://repo.istn.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Amelia Alma Kholisah.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Abstract
Dismenorea merupakan gangguan menstruasi yang umum dialami oleh wanita muda dengan keluhan utama nyeri yang mempengaruhi aktivitas sehari-hari. Nyeri terkadang muncul sebelum atau pada awal menstruasi berlangsung. Dismenorea bisa mengganggu pekerjaan atau aktivitas sehari-hari, serta dismenorea dapat membuat siswa tidak konsenterasi dalam proses pembelajaran disekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan tentang dismenorea terhadap aktivitas belajar pada siswi SMK Negeri 1 Patokbeusi Subang Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif analisis dengan rancangan penelitian cross-sectional. Teknik pengumpulan datanya menggunakan kuesioner yang diberikan kepada responden dengan jumlah sampel 108 siswi. Hasil penelitian menunjukkan pengetahuan siswi tentang dismenorea sebanyak 71 siswi (65,7%) tergolong kurang, 36 siswi (33,3%) tergolong cukup, dan 1 siswi (0,9%) tergolong baik. Sedangkan aktivitas belajar dengan hasil 75 siswi (69,4%) tidak terganggu dan 33 siswi (30,5%) terganggu akibat dismenorea. Hasil uji chi square didapatkan nilai Sig 0,122 > 0,05. Maka, tidak ada hubungan tingkat pengetahuan tentang dismenorea terhadap aktivitas belajar pada siswi SMK Negeri 1 Patokbeusi Subang Jawa Barat.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). apt. Ainun Wulandari, M.Sc. 2). apt. Ritha Widya Pratiwi, M.A.R.S. |
Subjects: | L Education > L Education (General) R Medicine > R Medicine (General) R Medicine > RS Pharmacy and materia medica |
Divisions: | Fakultas Farmasi > Farmasi |
Depositing User: | Perpusistn 2 |
Date Deposited: | 15 Aug 2025 01:31 |
Last Modified: | 15 Aug 2025 01:31 |
URI: | https://repo.istn.ac.id/id/eprint/806 |