Andi Risaldi Asgap, . (2025) Optimasi Sistem Industri Jasa Pengiriman Logistik Untuk Memenuhi Hak Konsumen Pembeli Jasa Pengiriman Logistik Di Indonesia. Masters thesis, Institut Sains dan Teknologi Nasional.
![[thumbnail of Cover]](https://repo.istn.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Cover.pdf
Download (13kB)
![[thumbnail of Pernyataan Orisinalitas dan Halaman Pengesahan]](https://repo.istn.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
orisinalitas.pdf
Download (262kB)
![[thumbnail of Abstrak]](https://repo.istn.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
abstrak.pdf
Download (12kB)
![[thumbnail of Bab 1]](https://repo.istn.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
bab 1.pdf
Restricted to Registered users only
Download (179kB)
![[thumbnail of Bab 2]](https://repo.istn.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only
Download (9MB)
![[thumbnail of Bab 5]](https://repo.istn.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only
Download (28kB)
![[thumbnail of Full File Tesis]](https://repo.istn.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Full File Tesis _ Andi Risaldi Asgap.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Pemenuhan hak konsumen merupakan amanat dari Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Dalam Strategi Nasional Perlindungan Konsumen (STRANAS PK), terdapat 11 sektor prioritas yang menjadi fokus utama perlindungan konsumen di Indonesia. Penetapan sektor-sektor prioritas ini didasarkan pada tingginya jumlah pengaduan dan sengketa konsumen, masalah kelembagaan struktural, serta isu terkini yang berhubungan dengan kebutuhan masyarakat. Sektor jasa logistik termasuk dalam salah satu sektor prioritas tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan permasalahan dalam industri jasa pengiriman logistik, meningkatkan kinerja perusahaan melalui perbaikan faktor-faktor kunci keberhasilan (key success factors), dan memberikan solusi yang tepat untuk penyelesaian permasalahan yang ada. Metode yang digunakan adalah analisis Fishbone untuk mengidentifikasi akar penyebab permasalahan dengan pendekatan struktural, serta analisis regresi linear berganda dengan bantuan SPSS.25 untuk mengetahui hubungan antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat lima permasalahan utama dalam pemenuhan hak konsumen di sektor jasa pengiriman logistik di Indonesia, yaitu: ketaatan karyawan (compliance), kemampuan karyawan (ability), prosedur kerja, dukungan manajemen, dan penyelesaian masalah serta kompensasi, adapun implikasi perbaikan dari masalah tersebut adalah meningkatkan kepercayaan terhadap data yang dikumpulkan dengan keyakinan bahwa hasilnya akurat dan tidak bias karena masalah pengukuran. Hasil analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa variabel-variabel independen memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap variabel dependen, baik secara parsial maupun simultan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 1.Dr. Yustiar Gunawan, M.Eng |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Teknik Industri S2 |
Depositing User: | perpusistn |
Date Deposited: | 21 Aug 2025 05:01 |
Last Modified: | 10 Sep 2025 06:29 |
URI: | https://repo.istn.ac.id/id/eprint/849 |