Evaluasi Laju Pergerakan Lalu Lintas Akibat Penerapan Sistem Satu Arah (Studi Kasus Jl. Dewi Sartika Depok)

Bukhori Muslim, . (2019) Evaluasi Laju Pergerakan Lalu Lintas Akibat Penerapan Sistem Satu Arah (Studi Kasus Jl. Dewi Sartika Depok). Sarjana thesis, Institut Sains dan Teknologi Nasional (ISTN).

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
Cover.pdf

Download (170kB)
[thumbnail of Pernyataan Orisinalitas, Pernyataan Non Plagiat, dan Halaman Pengesahan] Text (Pernyataan Orisinalitas, Pernyataan Non Plagiat, dan Halaman Pengesahan)
Orisinalitas, Non-Plagiat, dan Halaman Pengesahan.pdf

Download (834kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (273kB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB)
[thumbnail of Skripsi Full File] Text (Skripsi Full File)
Skripsi Bukhori Muslim.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Depok memiliki karakteristik yang tidak berbeda dengan beberapa kota lain dalam hal pergerakan lalu-lintasnya, yaitu cenderung macet pada kisaran jam-jam puncak, baik pagi maupun sore hari. Permasalahan tersebut salah satunya terdapat pada Jalan Dewi Sartika Depok. Jalan yang dimana mengalami perubahan sistem dari 2 arah mejadi 1 arah, dengan harapan mampu menjadi sebuah solusi untuk kinerja lalu-lintas pada jalan tersebut Oleh karena itu dilakukanlah penelitian ini guna mengevaluasi Sistem Satu Arah yang telah diberlakukan. Pengambilan data menggunakan 2 metode, untuk sistem satu arah pengambilan data dilakukan secara langsung menggunakan metode survey pada 3 waktu jam sibuk, dan untuk data sistem dua arah didapatkan dari Dinas Perhubungan Kota Depok, yaitu data lalu lintas tahun 2017. Didapatkan hasil bahwa perubahan sistem arus lalu lintas satu arah Jalan Dewi Sartika berdampak baik terhadap kinerja lalu lintasnya. Dibuktikan dengan perubahan terhadap Derajat Kejenuhan (dari 0.79, menjadi 0.45) dan Tingkat Pelayanan (dari tingkat nilai D, menjadi B), kedua aspek tersebut diambil pada jam tersibuk. Namun disisi lain terdapat dampak terhadap jaringan jalan sekitar yang memang cukup besar. Oleh karenanya dilakukan pemberian saran agar penerapan Sistem Satu Arah ini bisa lebih efesien.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Ir. Nasir Djalili, M.T. 2). Ir. Ismono Kusumaryono, M.T.
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Teknik Sipil S1
Depositing User: Perpusistn 2
Date Deposited: 29 Aug 2025 08:29
Last Modified: 09 Sep 2025 02:58
URI: https://repo.istn.ac.id/id/eprint/986

Actions (login required)

View Item
View Item