Evaluasi Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Informasi Obat (Pio) Pasien Rawat Jalan Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Taman Harapan Baru Kota Bekasi

Lady Gita Artani Situmorang, . (2023) Evaluasi Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Informasi Obat (Pio) Pasien Rawat Jalan Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Taman Harapan Baru Kota Bekasi. Sarjana thesis, Institut Sains dan Teknologi Nasional (ISTN).

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
Cover.pdf

Download (336kB)
[thumbnail of Pernyataan Orisinalitas, Pernyataan Non Plagiat, dan Halaman Pengesahan] Text (Pernyataan Orisinalitas, Pernyataan Non Plagiat, dan Halaman Pengesahan)
Pengesahan.pdf

Download (375kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (100kB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB)
[thumbnail of Skripsi Full File] Text (Skripsi Full File)
Lady Gita.A.S_19330134_Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian tentang evaluasi Pelayanan Informasi Obat (PIO) di instalasi Rumah Sakit Taman Harapan Baru bertujuan untuk mengetahui kepuasan pasien rawat jalan. Pelayanan Informasi Obat (PIO) adalah kegiatan yang dilakukan oleh tenaga kefarmasian untuk memberikan informasi secara akurat, jelas dan terkini kepada Pasien. Penelitian ini memiliki rancangan deskriptif dengan pendekatan kuantitatif Penilaian terhadap PIO didapatkan dari hasil penyebaran kuesioner yang memuat 5 dimensi mutu pelayanan kesehatan yaitu dimensi kehandalan, ketanggapan, jaminan, empati dan berwujud. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 108 responden. Hasil penelitian kategori terbanyak pada jenis kelamin perempuan adalah 65 responden (60%), kategori umur 18-30 tahun sebanyak 36 responden (33%), kategori pendidikan SMA/SMK sebanyak 64 responden (59%), dan kategori pekerjaan yang tidak bekerja sebanyak 48 responden (44%). Hasil pada dimensi kehandalan sebesar 80,7% (puas), dimensi ketanggapan 78,0% (puas), dimensi jaminan 79,9% (Puas), dimensi empati 85,3% (sangat puas) dan dimensi berwujud 82,5% (sangat puas). Sehingga dapat disimpulkan bahwa Tingkat kepuasan pasien Pelayanan Informasi Obat (PIO) di Rumah Sakit Taman Harapan Baru Kota Bekasi didapatkan hasil dari total 5 dimensi sebesar 81,28% dengan kategori sangat puas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). apt. Putu Nilasari, S.Si., M.Farm. 2). apt. Erwi Putri Setyaningsih, M.Si.
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Perpusistn 2
Date Deposited: 25 Sep 2025 01:51
Last Modified: 25 Sep 2025 01:51
URI: https://repo.istn.ac.id/id/eprint/1208

Actions (login required)

View Item
View Item