PENGARUH KUALITAS PELAYANAN INFORMASI OBAT TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI APOTEK KIMIA FARMA RAWAT JALAN RSUPN. DR. CIPTO MANGUNKUSUMO

Monaliza Stefiani, . (2020) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN INFORMASI OBAT TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI APOTEK KIMIA FARMA RAWAT JALAN RSUPN. DR. CIPTO MANGUNKUSUMO. Sarjana thesis, Institut Sains dan Teknologi Nasional (ISTN).

[thumbnail of cover.pdf] Text
cover.pdf

Download (36kB)
[thumbnail of orisinalitas.pdf] Text
orisinalitas.pdf

Download (834kB)
[thumbnail of Abstrack.pdf] Text
Abstrack.pdf

Download (79kB)
[thumbnail of Chapter1.pdf] Text
Chapter1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB)
[thumbnail of Conclusion.pdf] Text
Conclusion.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32kB)
[thumbnail of MONALIZA STEFIANI_16334004_SKRIPSI.pdf] Text
MONALIZA STEFIANI_16334004_SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh kualitas pelayanan informasi obat terhadap kepuasan pasien. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 170 responden. Adapun teknik pengambilan sampel ditentukan dengan purposive sampling dan pengukuran nilai variabel menggunakan pengukuran skala likert. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis regresi linier berganda. Dengan menggunakan uji-t, uji-F dengan taraf signifikansi α = 5%, serta uji koefisiensi determinasi dengan menggunakan program SPSS. Hasil dari penelitian menunjukan kualitas pelayanan informasi obat dari kelima dimensi kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), bukti nyata (tangibles), empati (emphaty) dan jaminan (assurance) bersama-sama memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pasien di Apotek Kimia Farma Rawat Jalan RSCM. Hal ini ditunjukan F hitung sebesar 17,446 dengan angka signifikansi (P Value) sebesar 0,000<0,05. Koefisien determinasi (R square) yang dihasilkan sebesar 0,347 yang berarti 34,7% perubahan variabel kepuasan pasien dijelaskan oleh perubahan dimensi kehandalan, daya tanggap, bukti nyata, empati dan jaminan secara bersama-sama, dan sisanya sebesar 65,3% diterangkan oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini, misalnya produk, promosi, lokasi dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1.Jenny Pontoan, M.Farm., Apt 2.Elvina Triana Putri, M.Farm., Apt
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Perpusistn perpusistn4
Date Deposited: 31 Oct 2025 04:32
Last Modified: 31 Oct 2025 04:32
URI: https://repo.istn.ac.id/id/eprint/2175

Actions (login required)

View Item
View Item