RIDHO SUBANGKIT, . (2019) TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP PELAYANAN FARMASI DI APOTEK ROBBY FARMA KECAMATAN JONGGOL DENGAN MENGGUNAKAN MODEL SERVQUAL. Sarjana thesis, Institut Sains dan Teknologi Nasional.
![[thumbnail of Full File Skripsi]](https://repo.istn.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI RIDHO S.pdf
Restricted to Registered users only
Download (5MB)
Abstract
Apotek adalah sarana pelayanan kefarmasian tempat dilakukan praktek kefarmasian oleh Apoteker. Pelayanan yang berbeda akan memberikan dampak yang sangat berarti bagi suatu apotek. Studi kepuasan pelanggan merupakan salah satu indikator untuk mengukur keberhasilan pelayanan kefarmasian di apotek. Penelitian ini menggunakan metode croos-sectional dengan pengambilan sampel secara purposive sampling terhadap 96 orang pelanggan yang membeli obat di Apotek Robby Farma Jonggol. Tingkat kepuasan pelanggan diukur menggunakan model SERVQUAL (service quality) terhadap 5 dimensi kualitas layanan yaitu tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty. Dimensi yang memiliki tingkat kepuasan tertinggi adalah dimensi reliability (nilai rata-rata kesenjangan 0,6), sedangkan dimensi yang memiliki tingkat kepuasan terendah adalah dimensi assurance (nilai rata-rata kesenjangan 0,42). Hasil penelitian dengan menggunakan uji statistik chisquare menunjukan bahwa umur, jenis kelamin, pendidikan dan pekerjaan masing-masing memliki nilai p-value >0,05. Hasil ini dapat disimpulkan tidak terdapat hubungan yang signifikat antara sosiodemografi (umur, jenis kelamin, pendidikan, dan pekerjaan) dengan kepuasan pelanggan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1.Ainun Wulandari,M.Sc,.Apt |
Subjects: | L Education > L Education (General) R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Fakultas Farmasi > Farmasi |
Depositing User: | perpusistn |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 04:29 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 04:29 |
URI: | https://repo.istn.ac.id/id/eprint/520 |